Satu Dukuh Sudah Krisis Air

oleh -
PASOK AIR - BPBD Kabupaten Batang mengirim pasokan air bersih di Dukuh Wrage, Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar, Jum’at (2/9/2022).

*BPBD-Perumda Sendang Kamulyan Bantu Pasok Air

BATANG – Bencana kekeringan melanda Kabupaten Batang. Dilaporkan, satu dukuh di Kecamatan Bandar mengalami penurunan debit air, yang menyebabkan masyarakat di daerah itu kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang, Ulul Azmi membenarkan adanya peristiwa krisis air bersih itu. Ia mengatakan, warga di Dukuh Wrage, Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

“Ya, jadi debit air sumur warga Dukuh Wrage ini mengalami penurunan, sehingga mereka kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Terlebih warga dukuh ini hanya mengandalkan air sumur untuk memenuhi kebutuhan sehari hari,” ungkap Ulul, dihubungi Minggu (4/9/2022).

Menurutnya, pasokan air bersih dari Perumda Air Minum Sendang Kamulyan maupun Pamsimas belum menjamah Dukuh Wrage ini. “Untuk MCK, warga dukuh ini biasanya mengandalkan aliran Sungai Lojahan, dan untuk memasak mereka menggunakan air sumur,” katanya.

Dikatakan Ulul, adanya fenomena kekeringan itu, warga Dukuh Wrage meminta pengiriman atau droping air bersih dari BPBD Batang. “Kami bekerjasama dengan Perumda Air Minum Sendang Kamulyan telah mengirim bantuan satu tangki air bersih ke Dukuh Wrage. Dan bantuan akan kami kirim lagi Senin besok yang akan ditinjau langsung oleh Pj Bupati Batang,” ujarnya.