Yok, Saatnya Sadar Buang Sampah dengan Tertib

oleh -
HADIR - Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica saat menghadiri kerja bakti pembersihan sampah di lingkungan Sungai Aji di Pasar Gladag Kaliwungu, Kamis (1/9/2020).

KENDAL – Persoalan sampah ini tidak mungkin dibebankan hanya kepada pemerintah saja, namun menjadi tugas bersama. Karena itu, TP PKK Kabupaten Kendal mengajak masyarakat untuk memulai gerakan tertib buang sampah dari diri sendiri.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kendal, Wynne Frederica saat melakukan kerja bakti pembersihan sampah di lingkungan Sungai Aji di Pasar Gladag Kaliwungu, Kamis (1/9/2020). Menurut dia, tanpa didorong kesadaran, gerakan tertib membuang sampah pada tempatnya akan sulit terwujud.

“Untuk tertib membuang sampah pada tempatnya harus dimulai dari keiklasan hati diri sendiri, jangan karena ada sesuatu hal lain. Misalnya kita membuang sampah di tempatnya karena ada pejabat, ada CCTV, atau ada yang mengawasi. Maka, harus dimulai dari hati, agar kebersihan dilingkungan kita tetap terjaga dengan baik, dan pastinya ibadah juga terjaga dengan baik, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman,” jelas Wynne Frederica.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Aris Siswanto yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, terkait dengan kebersihan sungai harus melihat tugas dan fungsi masing-masing OPD Kendal, dan untuk Sungai Aji ini merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

“Jika terjadi persoalan sumbatan sampah seperti ini, maka nantinya yang berkewajiban untuk melakukan tindakan adalah Pemerintah Kabupaten Kendal, yang dalam hal ini adalah DPUPR Kendal, mengingat yang memiliki tugas dan fungsi pengairan,” terang Aris.