Bunda Literasi Siap Giatkan Literasi ke Pelosok Melalui Perpusling

by -
DILANTIK - PJ Bupati Batang, turut melantik Bunda Literasi Kabupaten Batang, Elis Parlina, Rabu (31/8/2022).

BATANG – Tak hanya membuka Pekan Raya Batang (PRB) 2022, Pj Bupati Batang, turut melantik Bunda Literasi Kabupaten Batang, Elis Parlina, Rabu (31/8/2022) malam. Elis didapuk lantaran dianggap bisa punya peran untuk mendorong kegiatan literasi di Batang.

Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki mengatakan, keberadaan Bunda Literasi tidak hanya sebagai simbol saja. Tetapi lebih memberikan manfaat bagi anak-anak.
“Bisa mensosialisasikan pentingnya baca buku, di desa, sekolah, dan masyarakat umum,” ujarnya.

Diwawancarai di sela pembukaan PRB, Elis Parlina bakal memulai langkahnya, dengan memanfaatkan layanan perpustakaan keliling. Menurutnya dengan layanan ini, program literasi di Batang bisa menjangkau hingga ke pelosok Batang.

“Setelah kami mengunjungi sekolah-sekolah dengan menyertakan Mobil Perpustakaan Keliling di desa-desa, ternyata minat baca anak di desa masih tinggi. Antusiasme mereka tinggi, di sekolah semua anak berkumpul dengan membaca dongeng,” ujar perempuan yang juga istri dari Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat N Fadilah.

Oleh karenanya, ia bakal memanfaatkan layanan ini untuk mendorong kegiatan literasi hingga pelosok. Sehingga masyarakat yang belum memiliki akses, dapat dimudahkan untuk menyalurkan semangat literasinya.

Diakuinya, transformasi digitalisasi menjadi satu tantangannya untuk mendorong iklim literasi di Batang. Terlebih kini akses digitalisasi membuat tiap individu makin mudah membuka kran informasi.

“Kami akan terus berusaha untuk mengajak anak-anak agar mau datang ke Perpustakaan Daerah dan membaca langsung koleksi-koleksi buku yang ada,” tegasnya. (nov)