Jangan Sampai Proyek IC Molor Lagi

oleh -
MEGAH - Hasil pembangunan gedung Islamic Center tahap 1 mulai menampakkan kemegahan, dengan keberadaan miniatur ka'bah untuk proses manasik.

*Pemkab Siap Evaluasi Intensif

BATANG – Proyek pembangunan Islamic Center (IC) di Kecamatan Banyuputih kembali dilanjutkan, dengan telah dikeluarkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) kepada CV Sahabat Berkarya Bersama dari Semarang selaku pemenang kontrak. Proyek tahap 2 ini dibiayai murni APBD dengan pagu Rp13,6 miliar.

Pada tahap 1 tahun 2021 lalu, penyelesaian proyek mengalami keterlambatan parah. Bahkan kontraktornya saat itu, CV Putra Mandiri didenda hingga Rp 595 juta. Karena itu, untuk mencegah berulangnya keterlambatan pada tahap 2 ini, Pemkab Batang bakal melakukan monitoring dan evaluasi secara intensif.

Kepala Bidang Tata Bangunan Lingkungan DPUPR Kabupaten Batang, Danang Purwanto mengatakan, bahwa SPMK telah dikeluarkan per 30 Agustus 2022. Sehingga, proyek pembangunan Islamic Center tahap kedua itu telah dapat dilaksanakan.

“Masa pelaksanaan pembangunan Islamic Center tahap kedua ini akan berlangsung selama 120 hari kalender kerja, atau ditarget selesai pada 27 Desember 2022 mendatang,” ungkap Danang, ditemui Kamis (1/9/2022).

Dijelaskan dia, pagu anggaran yang digelontorkan pada pembangunan Islamic Center tahap kedua ini ialah sebesar Rp13.669.600.000. Anggaran sebesar itu, kata Danang, akan digunakan untuk pembangunan gedung dua lantai.

“Jadi pada lantai pertama akan dibangun kantor pengelolaan, kemudian perpustakaan, klinik kesehatan, ruang kelas, front office, hingga kamar mandi. Sedang pada lantai dua, akan dibangun Masjid beserta sarpras pendukungnya,” jelas Danang.