Area Lomba Dayung Bakal Dipercantik

oleh -
CANTIK - Inilah gambar DED penataan area lomba dayung di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang, yang tampak cantik dan inedah.

*Pusat Gelontorkan Rp38 Miliar

BATANG – Pemerintah melirik lomba dayung tradisional yang acap kali digelar setiap bulan Syawal (Lebaran) di Desa Klidang Lor, Kecamatan Batang.

Pemerintah berkomitmen untuk melestarikan tradisi tersebut. Pemerintah pun siap menggelontoran anggaran miliaran rupiah untuk mendukung kearifan lokal yang sudah menjadi agenda wisata daerah setempat.

Kabid Infrastruktur dan Perkembangan Wilayah, Bapelitbang Batang, Sudarno mengatakan, pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp38 miliar untuk mengembangkan lomba yang sudah ada sejak 1977 itu.

“Pemerintah pusat secara bertahap akan melakukan pembangunan di lokasi lomban, yang berada di alur Sungai Sambong. Pada tahap pertama, pemerintah pusat menggelontorkan APBN sebesar Rp38 miliar,” ungkapnya, Rabu (31/8/2022).

Anggaran sebesar itu, kata dia, akan digunakan untuk membangun tribun dan area pusat jajanan serba ada (Pujasera). Kemudian, pembuatan parkir kapal dan konator pengelola, serta pembuatan ruang terbuka hijau.

“Saat ini sudah masuk proses lelang. Di mana pekerjaan fisik ditarget dapat selesai sebelum lebaran, atau bulan Maret 2023 sudah siap digunakan untuk kegiatan lomban,” ujar Darno.