Alun-Alun akan Disulap Jadi Tempat Wisata Gratis Kekinian

oleh -
WISATA - Alun-alun kota Pekalongan akan direvitalisasi menjadi tempat wisata gratis kekinian.

KOTA – Revitalisasi kawasan alun-alun sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) diharapkan dapat menjadi tempat wisata baru yang bernuansa kekinian bagi masyarakat kota Pekalongan, hal ini diungkapkan langsung oleh kepala dinas lingkungan hidup (DLH) setempat, Joko Purnomo.

“Penataan alun-alun kita harapkan kedepan bisa menjadi tempat wisata gratis bagi masyarakat kota Pekalongan yang mungkin terkendala biaya untuk mengunjungi tempat wisata berbayar,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Disampaikan Joko, sekarang ini tujuan masyarakat mengunjungi tempat wisata tak hanya untuk melepaskan penat setelah rutinitas namun juga berfoto bahkan video dari tiap sisi. Oleh sebab itu, pihaknya menyediakan spot selfie yang menarik melalui penggantian paving lama dengan model 3 dimensi dan sejumlah tanaman yang artistik.

Joko menambahkan berdasarkan masukan DPRD Kota Pekalongan, diusulkan setelah sisi selatan selesai dikerjakan, pengerjaan sisi tengah didahulukan sebelum beralih ke sisi utara. Usulan tersebut rencananya akan disampaikan kepada Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Pekalongan.

“Kita usulkan untuk pembenahan tengah dulu baru utara, setelah pengerjaan selesai, mudah-mudahan masyarakat harus bisa menjaga keindahan, ketertiban, dan kebersihan tampilan baru RTH di kawasan alun-alun kota Pekalongan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Pekalongan pada tahun anggaran 2022 ini akan kembali melanjutkan penataan kawasan Alun-Alun agar menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang lebih rapi, indah, dan menarik.

Setelah penataan di sisi barat dan timur, kini penataan akan merambah Alun-alun sisi selatan. Rencananya, tahun ini di lokasi tersebut akan dibuat taman, lengkap dengan fasilitas “skate track” atau arena bermain skateboard. Pagu anggaran yang disiapkan adalah sebesar Rp1,276 miliar, bersumber dari APBD Kota Pekalongan tahun 2022. (way)