Banyak Nakes Masih Menunggu Giliran Booster Kedua

oleh -
VAKSINASI - Sejumlah nakes saat mendapatkan suntikan vaksi booster kedua di salah satu Puskesmas.

*Stok Vaksin dari Provinsi Belum Turun

BATANG – Sebagai besar tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Batang masih menunggu giliran vaksinasi booster tahap dua. Pasalnya, sampai saat ini pasokan vaksin Moderna dari Pemerontah Provinsi Jawa Tengah belum juga turun.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Batang, Yuli Suryandaru mengatakan, vaksinasi bagi para nakes sudah dimulai, hanya saja memang belum menyeluruh. Sampai awal Agustus lalu, baru ratusan nakes di beberapa Puskesmas yang sudah divaksin booster tahap dua.

“Capaian baru 12,8 persen karena vaksin Moderna saat ini sudah habis. Kebanyakan nakes di Batang menggunakan Booster dengan vaksin Moderna,” katanya saat ditemui, di Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Senin (29/8/2022).

Saat ini, stok vaksin yang tersedia di Dinkes hanya jenis Pfizer dan Sinovac.
“Sebetulnya mereka yang booster pertamanya pakai Moderna, bisa menggunakan Pfizer untuk Booster keduanya,” ungkap Yuli.

Di sisi lain, aplikasi pendataan vaksinasi juga masih dalam proses maintenance, sehingga belum bisa menginput data nakes meski telah divaksin Pfizer. “Para Nakes sudah dibolehkan Booster menggunakan vaksin Pfizer setelah ada penelitian lebih lanjut dari Bio Farma,” jelasnya.