Wali Kota Tagih Ketepatan Progres Pembuatan Tanggul Slamaran-Degayu

oleh -
MENINJAU - Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid meninjau pengerjaan tanggul di Degayu, Pekalongan Utara, Senin (29/8/2022).

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan memastikan progres pembangunan tanggul di Slamaran-Degayu sebagai bagian dari proyek pengendalian banjir rob Banger-Loji Pekalongan sesuai dengan komitmen BBWS Pemali Juana.

Menindaklanjuti hal tersebut Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid bersama sejumlah anggota DPRD Kota Pekalongan meninjau tanggul pada Senin (29/8/2022).

Wali Kota Aaf mengungkapkan bahwa kunjungan ini sekaligus memastikan persentase pembangunan apakah sesuai dengan komitmen BBWS Pemali Juana. Ternyata ini sudah 28% dan masih memenuhi progres.

“Mudah-mudahan bisa tepat waktu. Hari ini saya mengajak legislatif supaya ke depannya tidak ada perbedaan persepsi sehingga ketika ada hal yang bersifat urgent dapat memutuskan bersama-sama,” terang Aaf.

Aaf menyebutkan bahwa target dari BBWS Pemali Juana untuk pembangunan tanggul ini selesai September atau awal Oktober 2023. “Mudah-mudahan adanya pembangunan tanggul ini berpengaruh signifikan terhadap penanganan banjir dan rob di Kota Pekalongan. Projek selanjutnya rencananya konsentrasi ke pencegahan penurunan muka tanah dan sebagainya,” tutur Aaf.

Sementara itu, Pelaksana Teknis BBWS Pemali Juana, Agus Supriyanto menjelaskan, proyek pengendalian banjir rob Banger-Loji Kota Pekalongan paket 2 ini sudah 25% lebih. Adapun saat ini kegiatannya sedang peninggian tanah. “Alhamdulillah tidak ada kendala dan warga di sini mendukung. Targetnya selesai September 2023,” tandas Agus.

Agus berharap dengan pembuatan tanggul ini Kota Pekalongan bebas dari rob dan banjir. “Kaitannya dengan tanggul yang dibuat yakni setinggi 3,3 meter dengan panjang 175 meter di Cemorosewu dan sebelahnya 800 meter,” imbuh Agus. (dur)