Penjualan Telur di Pasar Menurun

oleh -
UNTUNG - Tingginya harga telur ayam membuat para peternak ayam petelur mendapat untung. Terlebih stok produksi mereka juga diborong untuk pemenuhan BPNT PKH.

*Terdampak Program BPNT PKH

KENDAL – Tidak hanya harganya yang masih tinggi, omset penjualan telur di pasar tradisional juga menurun dalam beberapa hari terakhir. Hal ini diduga karena terdampak penyaluran bantuan pangan non tunai (BPNT) Program Keluarga Harapan (PKH), di mana banyak warga mendapatkan pasokan telur gratis.

Hingga Senin (29/8/2022) kemarin, harga telur di Pasar Kendal bahkan tembus hingga Rp 32 ribu per kilogramnya. Padahal sebelumnya komoditas ini masih dijual Rp 28 ribu per kilogram.

Kenaikan harga telur ditambah penyaluran BPNT PKH telah membuat stok telur di pedagang lambat habis, sehingga omset mereka pun menurun signifikan. Seperti diakui Lina, pedagang di Pasar Kendal, dalam tiga hari ini satu krat telur belum juga habis terjual.

“Sudah sepekan ini, satu krat ini baru berkurang sedikit, karena banyak warga yang sudah dapat bantuan telur gratis, sehingga tidak beli di pasar,” ungkapnya.

Senada juga disampaikan Jumanah, pedagang lainnya di Pasar Kendal. Menurutnya, kenaikan harga telur disebabkan karena ada bantuan dari PKH, sehingga pembelinya sedikit. “Harga telur naik, karena pasokan sangat minim,” ujarnya.

Para pedagang berharap, pemerintah bisa menstabilkan harga telur, namun demikian biasanya setelah pembagian PKH selesai, harga telur akan stabil kembali.

Di sisi lain, stok produksi telur di peternak ayam petelur juga banyak dipesan langsung pemerintah untuk memenuhi program BPNT PKH.

Peternak ayam di Sukorejo Kendal, Mastur Darori mengatakan, harga telur sebenarnya tidak naik, namun karena bersamaan adanya bantuan non tunai melalui program PKH, maka telur ayam dari peternak diborong, sehingga berdampak pasokan di pasar berkurang dan oleh pedagang harga dinaikkan. “Harga telur ayam dari kandang peternak 27 ribu rupiah, sehingga bagi peternak tidak ada kenaikan,” katanya, kemarin. (lid)