DPRD Minta Pembukaan Akses Timur Rampung Tahun Ini

oleh -
SETUJUI - DPRD menyetujui rancangan APBD Perubahan tahun 2022 yang diajukan Pemkot Pekalongan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Pekalongan, Senin (29/8/2022).

*Pasar Sugihwaras

KOTA – DPRD Kota Pekalongan meminta agar Pemkot segera merealisasikan pembukaan akses pintu keluar sebelah timur Pasar Sugihwaras dengan target bisa diselesaikan tahun ini. Hal itu tertuang dalam catatan dan rekomendasi DPRD terhadap RAPBD Perubahan tahun 2022 yang ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD, Senin (29/8/2022).

DPRD menyertakan enam poin catatan dan rekomendasi dalam persetujuan RAPBD Perubahan tahun 2022. Rekomendasi terkait Pasar Sugihwaras tercantum dalam poin keenam yakni Pemkot untuk segera melakukan penataan pedagang yang ada di sebelah gedung Ria Busana (akses timur Pasar Sugihwaras) bisa dikomunikasikan dengan baik sehingga bisa diselesaikan sebelum akhir tahun 2022.

Namun catatan itu mendapat tambahan dari Anggota DPRD Fraksi Pembangunan Hati Nurani, Mabrur. Dia mengatakan bahwa rekomendasi poin keenam kurang lengkap sesuai dengan hasil pembahasan. Dikatakan Mabrur, selain penataan pedagang di sana yang lebih mendesak adalah pembukaan pintu agar membuka akses sebelah timur sebagai akses keluar dari Pasar Sugihwaras.

“Disamping penataan pedagang di sebelah Ria Busana, yang menurut kami lebih urgent adalah pembukaan pintu akses ke Akses menuju ke timur agar bisa dibongkar sehingga minimal bisa untuk akses keluar. Itu bisa dibuat pintu agar bisa buka tutup. Nantinya kami harapkan akses itu juga bisa dilewati mobil,” tuturnya saat menyampaikan interupsi dalam Rapat Paripurna.

Selain itu, dirinya mengusulkan agar akses dari Hotel Khas bisa diwujudkan yakni pembuatan pintu yang cukup dilewati pejalan kaki. Sehingga bisa menambah poteni kunjungan bagi pedagang Pasar Sugihwaras. Sebab menurut informasi, pihak hotel juga sudah sepakat dengan rencana tersebut.

“Mohon di dalam rekomendasi ditambahkan agar di perubahan anggaran bisa dianggarkna untuk pembukaan pintu akses keluar sebelah timur dan pintu dari hotel. Untuk akses keluar sebelah timur, saya usulkan agar sekalian dibuat gerbang yang besar agar bisa dilewati mobil,” katanya.