Anak-Anak Terdampak Covid-19 Terima Bantuan

oleh -
DIALOG - Ketua TP PKK bersama DWP DPMPPA berdialog dengan salah satu keluarga penerima bantuan.

*Anak Yatim, Piatu atau Yatim Piatu

KOTA – Anak-anak yang terdampak Covid-19 yang berstatus yatim, piatu maupun yatim piatu setelah ditinggalkan orang tuanya karena menjadi korban Covid-19, menerima bantuan dari pemerintah. Bantuan yang diberikan merupakan sinergi dari Pemkot Pekalongan, Baznas dan DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah.

Bantuan diserahkan kepada tiga keluarga yang dinilai paling membutuhkan bantuan usai terdampak pandemi yakni masing-masing berada di Kelurahan Pringrejo, Setono dan Medon. Penyaluran bantuan dilakukan oleh DWP DPMPPA bersama TP PKK Kota Pekalongan, Senin (22/8/2022).

Kepala DPMPPA Kota Pekalongan, Sabaryo Pramono mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak khususnya anak yatim, piatu natau yatim piatu akibat ditinggalkan orang tuanya karena covid-19. Ia menyebutkan, bantuan yang diberikan berupa paket sembako, sejumlah uang tunai dan beberapa makanan ringan.

“Satu hal yang penting bahwa setelah mereka ditinggal orang tuanya masih mendapat pola asuh yang baik dari keluarganya, hal ini tetap dilakukan oleh keluarga, karena mereka ini memang masih membutuhkan perhatian dan perlindungan dan juga pola asuh yang baik,” ujarnya.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya menyebutkan dari hasil pendataan yang telah dilakukan, tercatat 94 anak yang ditinggalkan orang tuanya dampak dari pandemi. “Terdata 94 anak, tetapi kita lakukan tindak lanjut. Kita pilih 3 lokasi yang benar-benar keadaannya ini sangat prihatin, ada yang masih sangat kecil dan jelas sangat butuh perhatian khusus,” kata Inggit.