Rekor! Harga Telur Rp31 Ribu

oleh -
BERJUALAN - Salah seorang pedagang cabai di Pasar Batang, Solikhati, saat menata barang dagangannya.

*Cabai Malah Turun Harga

BATANG – Harga telur ayam naik signifikan hingga ke level tertinggi dalam sejarah. Tak tanggung tanggung, kenaikan mencapai angka Rp31 ribu per kilogram.

“Semula harganya berkisar Rp28 ribu per kilogram, dan sekarang terus naik hingga Rp31 ribu per kilogramnya,” ungkap salah seorang pedagang telur di Pasar Batang, Titin, Senin (22/8/2022).

Menurut Titin, kenaikan itu sudah terjadi sejak sepekan lalu, atau sejak 15 Agustus 2022. “Kenaikan harga itu dipengaruhi harga pakan ayam petelur yang naik, jadi harga telur ikut merangkak naik,” katanya.

Para pedagang, kata Titin, mengeluhkan kenaikan harga itu, karena berpengaruh pada penjualan ke konsumen. “Kalau pasokannya lancar dan harga stabil, tiap harinya bisa habis satu tong atau setara 10 kilogram. Beda dengan kondisi penjualan seperti sekarang ini cuma laku 5 kilogram,” terangnya.

Salah satu pembeli, Kursih menyampaikan, dalam beberapa hari ini konsumsi telur di keluarganya sedikit dikurangi. Salah satu penyebabnya karena harga yang terus merangkak naik. “Konsumsi telur kini saya kurangi sedikit, dengan mengurangi belanja telur, lalu diganti sayuran,” ujar dia.