Radar Pendidikan

Ajak Seimbangkan Berbagai Aspek

Wakil Kepala Urusan Humas SMK Negeri 1 Sragi, Imam Ahmad ST

Wakil Kepala Urusan Humas SMK Negeri 1 Sragi, Imam Ahmad ST

MENJADI poin penting bagi siswa untuk dapat menyeimbangkan berbagai aspek pendidikan, terlebih siswa tingkat akhir yang harus menyelesaikan studinya. SMK Negeri 1 Sragi juga hendak menyelaraskan itu.

Sebagai sekolah vokasi, pihaknya ingin menyeimbangkan bermacam kompetensi siswanya agar siap menghadapi dunia pasca SMK. “Saya selalu berusaha tekankan kepada siswa, bahwa mereka harus punya bekal sebelum lulus. Harus dipersiapkan dari sekarang,” ujar Wakil Kepala Urusan Hubungan Masyarakat (Humas) SMK Negeri 1 Sragi, Imam Ahmad ST, kepada Radar Pekalongan.

Sebagai siswa SMK yang memiliki basic praktikum lebih banyak, para siswa harus memiliki kecakapan di bidang masing-masing. “Selain ijazah formal, para siswa harus memiliki sertifikat kompetensi yang membuktikan bahwa mereka benar-benar kompeten dan siap diterjunkan ke dunia kerja,” ujar Pak Imam, sapaan akrabnya.

Tidak hanya dalam dunia kerja, pun sama bagi siswa yang hendak melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Bekal, persiapan, dan kematangan harus dimiliki oleh para siswa agar dengan mudah melangkah ke Perguruan Tinggi yang diinginkan.

Kini para guru hendak mengajak agar maindset dan pola pikir maju dapat sepenuhnya dimiliki oleh para siswa dan juga orang tua. Hal tersebut sangat berkaitan dengan kelanjutan serta semangat untuk meraih sukses pasca menyelesaikan pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. “Harapannya setelah lulus tentu anak harus siap,” tandasnya. (mg5)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments