Budaya Djayengrono Cikal Bakal Wiradesa

oleh -
FESTIVAL - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat membuka Festival Djayengrono di Desa Kauman Wiradesa.

**Festival Budaya Mampu Dongkrak Perekonomian Rakyat

KAJEN – Budaya Djayengrono yang digelar di Desa Kauman merupakan cikal bakal sejarah Kecamatan Wiradesa. Saat ini Budaya Djayengrono dikemas menjadi festival diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Atas potensi itulah, Desa Kauman didorong menjadi desa wisata budaya.

Pantauan Radar, tapak tilas Djayengrono digelar selama 3 hari dengan melaksanakan berbagai kegiatan seperti bazaar produk unggulan dan jajan jadul Desa Kauman, sarasehan budaya, lomba mewarnai tingkat TK se-Kabupaten Pekalongan, pentas budaya warga Desa Kauman, serta jalan sehat dan khitanan masal.

Kepala Desa Kauman, Wiradesa, As’ ari Abdullah, membenarkan hal itu. Kata dia, kegiatan ini juga hendak memperkenalkan Djayengrono yang jadi ikon pahlawan Desa Kauman, Wiradesa.

“Kegiatan ini juga untuk menstimulasi bangkitnya UMKM paska Pandemi supaya ekonomi cepat pulih kembali. Ada bazar tingkat RT serta 20 dari UMKM,” katanya, Minggu (21/8/2022).

Sementara itu Bupati Pekalongan Fadia Arafiq yang hadir membuka secara resmi Festival Budaya Djayengrono di Desa Kauman, Wiradesa. Ia mengaku senang dan bangga dengan penyelenggaraan featival tersebut.

“Saya kagum kepada anak-anak muda dan maayarakat. Ini sederhana namun menarik. Saya senang sekali, saya bahagia sekali. UMKMnya juga antusias sekali,”ungkap bupati.

Menurutnya, kegiatan tersebut perlu dilestarikan, karena dua tahun kemarin pandemi Covid-19.