Noyontaansari Juarai Lomba Seketeng

oleh -
JUARA - Seketeng hasil karya warga Noyontaansari keluar sebagai juara pertama Lomba Seketeng tahun 2022.

KOTA – Seketeng kreasi warga Kelurahan Noyontaansari berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Seketeng antar kelurahan se-Kota Pekalongan Tahun 2022. Pengumuman itu disampaikan dalam kegiatan Malam Resepsi Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tingkat Kota Pekalongan Tahun 2022 di Gedung Pusat Informasi Budaya Batik (PIBB) Kota Pekalongan, Kamis (18/8/2022) malam.

Lomba seketeng atau gapura ini diikuti oleh 30 seketeng hasil karya warga di sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan dan diambil 10 besar yang ditinjau dan dinilai oleh dewan juri pada Rabu (17/8/2022).

Perwakilan pembuat Seketeng Kelurahan Noyontaansari, Ibnu mengaku bersyukur dan senang karena seketeng buatan warga Kelurahan Noyontaansari khususnya Gang 15 berhasil menjuarai Lomba Seketeng tingkat Kota Pekalongan. Ibnu menjelaskan bahwa seketeng yang dibuat warga Kelurahan Noyontaansari ini sesuai tema yang diusung dalam lomba Seketeng Tahun 2022. “Pekalongan Rahat” berupa ilustrasi bentuk Burung Garuda dan Patung Tangan berukuran besar sedang memegang Canting yang dibuat dari bahan dasar bambu dan didesain sedemikian rupa.

“Makna seketeng yang kami buat, terutama pada patung tangan memegang canting tersebut adalah, di salah satu wilayah kami, Landungsari, Kelurahan Noyontaansari, Kecamatan Pekalongan Timur ini dikenal sebagai sentra produksi pembuatan canting di Kota Pekalongan,” jelas Ibnu.

Dengan terkenalnya wilayah Landungsari sebagai sentra pembuatan canting diharapkan di wilayah tersebut bisa menjadi icon penghasil canting batik khas Kota Pekalongan yang harus terus dilestarikan keberadaannya.

Sebagai juara pertama, pemenang memperoleh trophy dan uang pembinaan senilai Rp10 juta. “Untuk juara pertama sebelumnya kami memang belum pernah, pada tahun-tahun lalu sebelum pandemi, kami paling juara III atau juara harapan pada lomba seketeng. Keberhasilan atas lomba ini kami merasa sangat bersyukur dan hadiah yang diterima ini akan digunakan sebaik-baiknya. Rencananya untuk kegiatan keagamaan seperti mengadakan pengajian dan syukuran untuk kepentingan bersama dan ungkapan rasa syukur kami atas penghargaan ini,” tukasnya.

Adapun pemenang Lomba Seketeng Tahun 2022 yakni Juara I Kelurahan Noyontaansari memperoleh hadiah uang tunai Rp10 juta, Juara II disabet oleh Kelurahan Medono dengan hadiah Rp7,5 juta, Kelurahan Sapuro Kebulen menjadi Juara III dan mendapat hadiah Rp5 juta, Juara Harapan I berhasil didapat oleh Kelurahan Pringrejo dengan hadiah Rp3,5 juta, Juara Harapan II dimenangkan oleh Kelurahan Bendan Kergo Rp 3 juta dan Juara Harapan III Kelurahan Kalibaros dengan hadiah Rp2 juta.(nul)