Rayakan HUT Kemenkumham ke-77, Imigrasi Pemalang Gelar Layanan Paspor Keliling hingga Brebes

oleh -
Kantor Imigrasi Pemalang memberikan pelayanan pembuatan paspor keliling hingga Desa Bulakamba, Brebes. istimewa

PEMALANG – Menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) atau Hari Ulang Tahun Kementerian Hukum dan Ham ke-77 yang jatuh setiap 19 Agustus, Kantor Imigrasi Kelas 1 non TPI Pemalang mengadakan layanan jemput bola pembuatan paspor.

Layanan digelar hingga Desa Bulakamba, Kecamatan Brebes Barat, Kabupaten Brebes.

“Layanan pembuatan paspor keliling ini selain untuk menyambut HUT Kemenkumham, juga untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat,” ujar Kepala Kanim Pemalang, Arvin Gumilang pada awak media, Jumat (19/8) petang.

Arvin menjelaskan, kegiatan paspor keliling kali ini termasuk spesial karena bersamaan dengan Upacara HUT Kemenkumhan ke-77. Sedangkan tanggal 19 Agustus 1945 merupakan hari kelahiran Departemen Kehakiman yang jadi cikal bakal Kemenkumham.

” Imigrasi selaku pemangku tugas dan fungsi pelayanan keimgrasian, selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik dan mendekatkan pada masyaraka. Termasuk melakukan jemput bola dengan program paspor keliling,” jelas Alvin.

Layanan paspor kembali dilaksanakan setelah pandemi Covid-19 mereda. Permintaan meningkat setelah kerajaan Arab Saudi kembali membuka ibadah Haji dan Umrah.

“Selama pandemi Covid-19, pelayanan paspor keliling sempat macet,” tandas Alvin.

Sekedar diketahui, wilayah kerja Kanim Pemalang melingkupi seluruh wilayah eks Karesidenan Pekalongan, mulai dari Kabupaten Batang hingga Kabupaten Pemalang. (don)