Momen HUT RI, 236 Narapidana Terima Remisi

by -
INSPEKTUR - Bupati Kendal Dico M Ganinduto jadi inspektur Upacara Bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke – 77 di Alun – Alun Kota Kendal.

KENDAL – Peringatan HUT RI ke-77 ini menjadi momen bahagia bagi 236 narapidana Lapas Kelas II/A Kendal. Pasalnya, mereka berkesempatan mendapatkan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM antara satu hingga lima bulan. Bupati Kendal secara simbolis memberikan surat keputusan dari Kemenkumham tentang pemberian remisi 17 Agustus, usai upacara peringatan HUT Kemerdekan RI ke 77 di Alun- alun Kendal, Rabu (17/8/2022).

Bupati berharap bagi mereka yang mendapatkan remisi agar tidak mengulangi perbuatannya lagi sehingga berurusan dengan hukum. Adapun penghuni Lapas Kelas II/A Kendal ada sebanyak 310 warga binaan.

Kepala Lapas Kelas II/A Kendal Samsul Hidayat mengatakan, untuk pemberian remisi 17 Agustus tahun ini sebanyak 236 warga binaan, terdiri dari remisi satu bulan hingga lima bulan. Untuk di Lapas kelas II/A Kendal tidak ada yang mendapatkan remisi bebas. “Sebenarnya ada satu namun karena kasus narkoba sehingga masih menjalani hukuman subsider selama tiga bulan,” katanya.

Perwakilan narapidana yang mendapatkan remisi adalah Didit Adi Nurohman yang divonis hukuman 15 tahun penjara karena kasus pembunuhan. Ia mengaku sudah menjalani hukuman selama lima tahun dan mendapat remisi kemerdekaan lima kali. “Senang mendapatkan remisi semoga cepat selesai,” ungkapnya.

Beberapa rangkaian Hari Kemerdekaan RI ke-77 dan HUT Kemenkumham ke 77 yang jatuh tanggal 19 Agustus 2022 diperingati lapas tersebut dengan berbagai kegiatan perlombaan, seperti catur, volly ball, dan bulutangkis meja. (lid)