Ribuan Santri Mambaul Hikmah Kirab Bendera Merah Putih

by -
KIRAB - Sebelum melaksanakan upacara bendera detik-detik proklamasi, ribuan santri Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Desa Mororejo Kecamatan Kaliwungu menggelar kirab merah putih.

KENDAL – Sebelum melaksanakan upacara bendera detik-detik proklamasi, ribuan santri Pondok Pesantren Manbaul Hikmah Desa Mororejo, Kecamatan Kaliwungu menggelar kirab merah putih, Rabu (17/8/2022). Dengan menggunakan sarung sebagai identitas santri, mereka berjalan kaki sembari membawa bendera merah putih.

Kirab juga diiringi marching band dan santri yang mengenakan pakaian karnaval. Ribuan santri ini berjalan dari pondok pesantren menuju lapangan desa yang berjarak 2 kilometer. Sejumlah santri juga membawa poster berisikan semangat kemerdekaan, layaknya karnaval. Sesampainya di lapangan santri berbaris rapi untuk mengikuti upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Pengasuh Ponpes Manbaul Hikmah, Basyarahman mengatakan, kirab merah mutih sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia yang memiliki berbagai kebudayaan daerah. Santri peserta upacara mengenakan sarung dan peci serta ikat kepala pita merah putih. Sedangkan santriwati juga mengenakan sarung dan ikat kepala pita merah putih.

“Identitas santri adalah sarung dan peci. Ini ciri khas kami melestarikan budaya pesantren dengan menggenakan sarung dan peci,” katanya.

Kepada santri, Gus Basyar berpesan agar tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan mengembangkan terus sumber daya yang ada dengan giat belajar. “Tetap semangat belajar karena kelak generasi penerus inilah yang akan melanjutkan perjuangan membangun Indonesia,” ungkapnya.

Dalam rangkaian kegiatan memperingati HUT RI ke-77 ini, Pondok Pesantren Manbaul Hikmah menyelenggarakan tasyakuran dengan khataman Al Quran, sholawatan dan berdoa bersama. (lid)