Dua Tahun Sepi, Sedekah Laut Kembali Digelar Meriah

oleh -
MELARUNG - Prosesi pelarungan kepala kerbau ke tengah laut yang diletakkan pada miniatur kapal, Senin (15/8/2022).

BATANG – Ribuan warga nelayan akhirnya bisa kembali memadati areal pelabuhan Batang untuk menyaksikan prosesi sedekah laut yang digelar setiap tahun sekali.

Seperti diketahui, agenda tahunan yang lebih dikenal dengan sebutan nyadran tersebut selama dua tahun terakhir digelar secara sepi, karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di era pandemi Covid19.

Ketua DPC HNSI Kabupaten Batang, Teguh Tarmujo mengatakan, bahwa pelaksanaan pesta nyadran nelayan kali ini berlangsung cukup meriah. Berbagai kegiatan telah dilaksanakan, seperti pagelaran wayang, panggung hiburan musik dangdut, hingga ritual larung sesaji di tengah laut.

“Kegiatan nyadran juga dilakukan oleh nelayan di Celong, Roban Barat dan Roban Timur. Dan di Batang Kota ini kami pusatkan di TPI Klidang Lor Batang. Seperti tahun tahun sebelumnya, pada kegiatan nyadaran ini, kami larungkan kepala kerbau ke tengah laut, sebagai sarana untuk melestarikan budaya yang sudah diwariskan para leluhur,” ungkap Teguh, Senin (15/8/2022).

Teguh mengatakan, kegiatan Nyadran ini merupakan tradisi wujud syukur atas nikmat Tuhan yang maha esa atas hasil laut yang melimpah, serta keselamatan bagi para nelayan.