Baru 21,92%, Realisasi PBB Lambat

by -
PENYULUHAN - Sejumlah stakeholder wajib PBB dihadirkan saat Penyuluhan dan Penyebaran Kebijakan Pajak Daerah di Ruang Garuda Tirtoarum Baru Kendal, Senin (15/8/2022).

*Awal Oktober, Seluruh Desa Ditarget Lunas

KENDAL – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kendal menargetkan seluruh desa/kelurahan di wilayahnya sudah bisa melunasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di awal Oktober mendatang. Pasalnya, Bapenda telah SPPT sebanyak 581.553 lembar sejak Januari lalu.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Bapenda Kendal, Siti Asifah mengatakan, pencapaian target pembayaran PBB di Kendal sangat lambat. Pasalnya, dari jumlah total SPPT sebanyak 581.553 lembar yang sudah disebar, tetapi realisasinya sampai saat ini yang sudah mengembalikan atau sudah membayar PBB baru sebanyak 187.836 lembar atau sekitar 21,92 persen.

Padahal, lanjut dia, SPPT sudah diserahkan ke seluruh desa sejak Januari dan sudah ditentukan pengembaliannya paling lambat tanggal 31 Maret 2022. “Untuk tahun depan penyerahan SPPT akan dipercepat pada Desember tahun sebelumnya,” kata Asifah saat giat Penyuluhan dan Penyebaran Kebijakan Pajak Daerah di Ruang Garuda Tirtoarum Baru Kendal, Senin (15/8/2022).

Asifah menyebut tidak ada alasan untuk terlambat membayar PBB, karena berbagai kemudahan sudah diberikan dalam pembayaran PBB, dengan membuka kanal-kanal atau tempat-tempat pembayaran PBB yang dekat dan mudah terjangkau, baik secara manual maupun secara digital atau secara online. Wajib pajak bisa membayar PBB melalui website, kantor pos, Bank Jateng, bahkan bisa melalui tokopedia dan Indomaret.

“Pembayaran PBB tidak hanya secara manual, tetapi sudah bisa dilakukan secara digital atau online dan banyak tempat yang dekat dan mudah terjangkau, bahkan ada hadiah undian bagi wajib pajak yang membayar tepat waktu atau paling lambat 31 Maret,” tandasnya.