Pramuka Ikut Bantu Atasi Pandemi Covid-19

by -
UPACARA - Sejumlah siswa tengah mengikuti Upacara Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 di Desa Pagumenganmas Karangdadap.

KAJEN – Gerakan Pramuka telah ikut membantu banyak hal dalam mengatasi dan menanggulangi pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen Pol (Purn) Budi Waseso dalam sambutan pada Upacara Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 yang dibacakan Sekda Kabupaten Pekalongan, M Yulian Akbar, selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Pekalongan di Lapangan Desa Pagumenganmas, Kecamatan Karangdadap, Minggu (14/8).

“Saya berharap agar kegiatan ini terus dilakukan, sehingga Pandemi Covid-19 terus melandai dan kita bisa leluasa mengadakan berbagai kegiaan kepramukaan,”katanya.

Dalam peringatan Hari Pramuka yang bertemakan ‘Mengabdi tanpa batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa, ‘Budi Waseso menyampaikan ucapan terima kasihnya atas peran serta semua yang terlibat dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

Dikatakannya, bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Jamnas diselenggarakan di Buperta Cibubur, mulai tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022. Tema Jamnas yaitu “Ceria, Berdedikasi, Berprestasi”.

“Jamnas diikuti kontingen dari seluruh Indonesia, ditambah gugusdepan yang berpangkalan di Perwakilan RI di luar negeri dan sejumlah tamu undangan para pandu dan tokoh pandu dari berbagai negara,” ujarnya.

Kwartir Cabang Kabupaten Pekalongan juga telah mengirinkan kontingen yang terdiri dari 8 orang putra dan 8 orang putri untuk mengikuti Jamnas di Cibubur. Bahkan, kontingen dari Kabupaten Pekalongan diminta untuk tampil dalam aksi kegiatan Jamnas, sehingga berangkat lebih awal. Adapun Kontingen Jamnas Kabupaten Pekalongan dilepas Sekda selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Pekalongan, Selasa (9/8) dari Pendopo Bupati Pekalongan.(yon)