Paud dan SD Diajak Siapkan Transisi Pembelajaran yang Nyaman untuk Anak

by -
BIMTEK - Disdikbud Batang bersama BBPMP Jateng saat menggelar Bimtek Program Kesiapan Bersekolah (PKB), di Aula KPRI Husada, 10-11 Agustus 2022

BATANG – Usia masuk sekolah dari jenjang Paud ke SD merupakan salah satu masa transisi terpenting bagi anak. Oleh karenanya, Disdikbud mengajak Paud dan SD di Batang untuk berkolaborasi menciptakan transisi pembelajaran yang nyaman.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Disdikbud Batang, Achamd Taufiq melalui Kabid Paudni Disidikbud Batang, Sutriyono saat diwawancarai dalam kegiatan Bimtek Program Kesiapan Bersekolah (PKB), di Aula KPRI Husada, Kamis (11/8/2022).

“Ketika dari Paud ke SD anak sering kaget dengan suasana pembelajaran yang berbeda. Akibatnya proses penyerapan materi pun bisa kurang maksimal. Oleh karenanya perlu ada penyesuaian transisi antara pembelajaran di Paud ke SD,” ujar Sutriyono.

Dalam kesempatan itu juga dibentuk forum komunikasi PKB yang beranggotakan Bunda Paud, PKK, Himpaudi, IGTKI, K3S SD, wali murid dan lainnya. Nantinya para anggota forum in menerapkan Rancangan Tindak Lanjut mereka sesuai dengan peran masing-masing. Kegiatan ini pun dilaksanakan selama dua hari, 10-11 Agustus 2022.

Sutriyono juga menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tiga toolkit untuk mendukung proses transisi pembelajaran ini, baik untuk siswa, keluarga maupun sekolah.