Kurikulum Merdeka, Fokuskan Pengembangan Hasil Belajar Siswa

by -
BELAJAR - Siswa SMPN 14 Pekalongan dalam suatu keh=giatan pembelajaran.

KOTA – Mewujudkan sekolah merdeka belajar menjadi salah satu tujuan utama dalam melakoni sekolah penggerak. Hal Hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi SMPN 14 Pekalongan dalam menjalankan perannya.

Disampaikan Kepala SMPN 14 Pekalongan, Siti Nurul Izzah MPd, bahwa program sekolah penggerak ini adalah sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta non kognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (Kepala Sekolah dan Guru). Kepala Sekolah dan Guru dari sekolah penggerak melakukan pengimbasan kepada satuan pendidikan yang lain.

“Kami melakukan proses yang cukup panjang. Bahkan hingga saat ini pun masih terus berproses, mulai tahap seleksi, penetapan, dan pelaksanaan program sekolah penggerak (PSP). Mulai dari pemilihan tingkat Kota dan sampai saat ini mewakili Provinsi,” ungkap Izzah.

Ditambahkan, sekolah penggerak sendiri memiliki program untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yang terdiri dari 5 jenis intervensi, dan mengakselarasi sekolah bisa bergerak 1-2 tahap lebih maju dalam kurun waktu 3 tahun ajaran.

“Diawal program, Kemendikbudristek membuka pendaftaran untuk kepala sekolah di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah terpilih untuk menyelenggarakan program Sekolah penggerak, lalu Kepala sekolah yang mendaftar akan diseleksi untuk kemudian ditetapkan oleh tim panel, dan Alhamdulillah saat ini SMPN 14 Pekalongan sudah lolos dan ditetapkan menjadi sekolah penggerak,” imbuhnya.