Rusak, 100 Kamar Rusunawa Segera Diperbaiki

by -
RUSAK - Petugas saat menunjukan kondisi salah satu kamar di Rusunawa yang mengalami kerusakan.

KOTA – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan akan melakukan perbaikan terhadap sekitar 100 kamar di Rusunawa yang mengalami kerusakan.

“Kami melakukan perbaikan untuk kamar-kamar yang rusak sedang, harapannya setelah diperbaiki nanti kamar di rusunawa layak ditempati dan bisa dihuni lagi,” terang Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinperkim Kota Pekalongan, Heryu Purwanto Kamis (11/8/2022).

Heryu menjelaskan, hampir 100 kamar rusak dan tidak dihuni. “Kamar yang mengalami kerusakan berat masih Dinperkim usulkan untuk perbaikan. Tentu perbaikan harus dilakukan agar para penghuni di Rusunawa semakin nyaman sekaligus nantinya PAD dari Rusunawa semakin meningkat,” kata Heryu.

Terkait PAD, dia mengungkapkan bahwa tahun ini Rusunawa dan Pondok Boro ditarget sebesar Rp1 miliar. Sampai 1 Agustus lalu, dikatakan Heryu capaian PAD sudah melampaui 50 persen dari target. Dengan perbaikan kamar-kamar yang rusak diharapkan bisa mengoptimalkan PAD.

Heryu menyebutkan harga sewa bulanan tiap rusunawa berbeda. Paling mahal di Rusunawa Kuripan dan Panjang rata-rata yakni Rp250.000 dan Slamaran Rp190.000. “Ini karena di Kuripan daerahnya sejuk sedangkan di Slamaran panas,” ujar Heryu.

Heryu optimis PAD dari rusunawa tahun ini akan mencapai target. Heryu juga berharap kamar di rusunawa yang rusak nantinya dapat diperbaiki sehingga kamar dapat difungsikan kembali dan menjadi sumber PAD lagi,” pungkasnya.(nul)