Dinamika Pengawasan Pemilu Kota Pekalongan Dibukukan

by -
SIMBOLIS - Ketua Bawaslu, Sugiharto menyerahkan secara simbolis buku kepada mantan anggota Panwaslu, Listyo Budi Santoso.

KOTA – Bawaslu Kota Pekalongan merangkum cerita perjalanan dan dinamika pengawasan Pemilu di Kota Pekalongan dalam buku berjudul ‘Meneropong Pengawasan Pemilu & Pilkada Kota Pekalongan Era 2004-2023’. Buku yang ditulis tiga komisioner Bawaslu tersebut, diluncurkan bersamaan dengan acara bedah buku yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu, Kamis (11/8/2022). Dalam kegiatan, juga dihadirkan para mantan anggota Panwaslu Kota Pekalongan dari era 2004 sampai 2023.

Buku tersebut berisikan dinamika pengawasan Pemilu maupun Pilkada di masing-masing era beserta profil anggota Panwaslu sejak 2004 hingga 2023.

Dalam bedah buku yang dipandu komisioner Bawaslu Bambang Sukoco tersebut, hadir dua narasumber yang merupakan mantan anggota Bawaslu (saat itu Panwaslu) yakni Listyo Budi Santoso dan Aris Nur Khamidi.

Keduanya mengisahkan perjalanan Panwaslu dalam proses pengawasan Pemilu maupun Pilkada yang sebagianya sudah tercatat dalam buku. Kedua narasumber masing-masing memilih menceritakan era Pemilu 2004 dan Pilkada langsung tahun 2005 serta 2010 yang menurut mereka penuh dengan dinamika.

“Pemilu tahun 2004 suasananya masih tegang dipengaruhi Pemilu sebelumnya yaitu tahun 1999, terutama isu masalah keamanan,” tutur Listyo Budi.