80 Warga Terindikasi Kanker Serviks

by -
TES IVA - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Batang menggelar pemeriksaan Sadanis dan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA), Rabu (10/8/2022).

*Temuan Dinkes di Semester I 2022

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang mengimbau masyarakat khususnya kaum perempuan untuk waspada terhadap penyakit kanker payudara dan kanker serviks. Sebab, dua penyakit tersebut dapat menjadi penyebab utama kematian kaum perempuan yang tidak disadari atau silent killer.

Dinas Kesehatan Kabupaten Batang pun mencatat, ada 80 warga Batang yang terindikasi kanker serviks pada semester awal tahun 2022.

“Penderita kanker serviks tiap tahunnya mengalami peningkatan, dan dari hasil laporan kami, di semester awal tahun 2022 ini ada 80 warga Batang yang terindikasi kanker serviks,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Batang, dr. Ida Susilaksami.

Ia yang didampingi Kepala Seksi PTM dan Kesehatan Jiwa, Muhammad Fajeri, mengajak kaum perempuan agar mulai mendeteksi sejak dini penyakit kanker payudara dan kanker serviks.

Menurutnya, kaum perempuan cukup melakukan cara praktis untuk mendeteksi apakah dirinya terindikasi kanker payudara dan serviks. “Untuk memeriksa payudara bisa dilakukan secara mandiri setelah menstruasi, sehingga kondisi payudara sudah tidak terlalu kencang. Sedangkan untuk mengetahui apakah terindikasi kanker serviks cukup melakukan tes IVA karena mudah, murah dan cepat diketahui hasilnya,” jelasnya.