Dinperpa Mulai Suntikkan Vaksin PMK Dosis 2

oleh -

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat terus berupaya menekan laju sebaran Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) pada hewan ternak, salah satunya dengan melakukan vaksinasi. Saat ini, Dinperpa sudah mulai melakukan vaksinasi PMK dosis 2 bagi 100 ekor sapi sehat.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan Muadi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi menjelaskan bahwa pemberian vaksin dosis 2 itu seiring dengan telah diterimanya alokasi vaksin dari Pemprov Jawa Tengah.

Pemberian vaksin dosis kedua yang diterima dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini merupakan vaksin ulang dari dosis satu yang sudah diberikan pada tanggal 27 Juni 2022 lalu kepada 90 ekor sapi sehat di kandang milik peternak yang ada di wilayah Kandang Panjang, Degayu, Kuripan Yosorejo.

“Karena Kota Pekalongan mendapat alokasi untuk 100 dosis untuk vaksin dosis kedua ini, maka sisanya 10 dosis tadi, kami vaksinkan di kandang peternak milik Pak Robin di wilayah Setono ini sejumlah 10 ekor sapi potong,” ucap Ilena, usai pelaksanaan vaksin dosis kedua di wilayah Setono, Kecamatan Pekalongan Timur, Kota Pekalongan, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, target untuk sapi yang divaksin sudah hampir 100 persen. Sisanya yang belum sembuh dan sudah sembuh menunggu sampai 6 bulan lagi baru bisa divaksin mulai dosis 1.