Disdikbud Batang Ajak Wali Murid Disiplin Sanitasi

by -
EDUKASI- Disdikbud Batang saat memberikan edukasi kepada wali murid TK Negeri Pembina Gringsing.

BATANG – Sanitasi menjadi salah satu faktor penting pendukung penurunan stunting. Oleh karenanya, Disidikbud Batang mengajak orang tua untuk menerapkan dan mengajarkan anak untuk disiplin sanitasi. Tak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di rumah dan di lingkungan sekitar.

“Di sekolah mereka sudah diajarkan materi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sehingga penting materi ini juga diajarkan ke orang tua, sehingga di rumah orang tua bisa mendukung anak untuk menerapkan sanitasi dan menjaga kebersihan,” ujar Kabid Paudni Disidikbud Batang, Sutriyono usai mengisi kegiatan kelas parenting di TK Negeri Pembina Gringsing, Selasa (9/8/2022).

Dikatakannya, penurunan stunting butuh dukungan para orang tua murid. Hal ini lantaran banyak wali murid yang masih dalam usia produktif. Sehingga sosialisasi stunting diharapkan bermanfaat bagi mereka dalam pengasuhan anak.

“Kami berharap kelas parenting ini bisa bermanfaat untuk menjadikan orang tua lebih teredukasi. Khususnya dalam peranan mereka untuk mencegah stunting dan pendidikan karakter ke anak,” pungkasnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Penyuluh KB Kecamatan Gringsing, Anindhita. Menurutnya, pengetahuan orangtua terkait pola asuh dalam pengasuhan seringkali menyebabkan anak menjadi kurang asupan gizi. Hal tersebut turut mengancam gagal tumbuh yang dapat mengganggu fungsi fisik dan kognitifnya.