Rusun KITB Rampung Dibangun

by -
SIAP DITEMPATI - Bangunan rusun di KITB telah selesai dibangun dan siap ditempati untuk kapasitas total 2.570 pekerja.

*Mencakup 10 Tower, Tampung 2.570 Pekerja

BATANG ­ Pekerjaan fisik pembangunan rumah susun (rusun) untuk tempat tinggal alternatif para pekerja di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) telah selesai 100 persen.

“Ya, untuk fisik bangunan rusunawa sudah selesai 100 persen,” ungkap Direktur Utama PT Kawasan Industri Terpadu Batang, Galih Saksono, ditemui belum lama ini.

Ia mengatakan, saat ini pemerintah tengah mengebut penyediaan infrastruktur pendukung rusun, seperti jaringan air bersih, listrik, hingga kelengkapan furniture di setiap barak.

“Jadi saat ini kita masih persiapan di funiture, air, listrik dan lain sebagainya. Diharapkan itu semua dapat selesai akhir tahun 2022. Dan seperti diketahui, market dari kawasan ini kira-kira baru dimulai awal tahun depan,” jelasnya.

Menurut Galih, penggunaan rusun untuk tempat tinggal pekerja KITB itu berbayar. Para pekerja diharuskan menyewa dengan ketentuan harga yang sudah ditetapkan. “Jadi nanti berbayar, rusun itu kita sewakan. Adapun terif sewa untuk setiap barak nantinya akan ditentukan oleh pemda juga,” terangnya.

Seperti diketahui, rusun KIT Batang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terdiri 10 tower di atas lahan seluas 5.735 m2 dengan tipe barak, sehingga dapat menampung banyak pekerja.

Rusun KIT Batang dibangun setinggi 5 lantai untuk tiap towernya dengan kapasitas masing-masing tower sekitar 257 orang.