Telat Dosis 2, Drop Out Vaksin

by -
SKRINING - Petugas saat lakukan skrining warga yang akan vaksin Covid-19.

*Booster Kedua Nakes Dimulai

KAJEN – Sejumlah warga di Kabupaten Pekalongan alami drop out (DO) vaksin Covid-19. Mereka di-DO lantaran telat melakukan vaksin dosis keduanya.

Pasalnya, setelah vaksin dosis 1, warga tersebut lebih dari enam bulan tidak melakukan vaksin dosis kedua. Akibatnya, vaksin dosis pertama dianggap belum dilakukan. Sehingga vaksinasinya dimulai dari nol lagi.

“Sebetulnya bukan kita yang mengenolkan tapi aplikasinya yang tidak masuk datanya. Di aplikasi itu sudah ada jadwal, misal mister A divaksin hari ini maka tiga minggu kemudian atau satu bulan kemudian itu masuk ke dosis 2. Kalau lebih dari enam bulan tidak bisa masuk ke aplikasi. Statusnya nol lagi. Kategorinya DO (drop out),” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, kemarin.

Ia menyebut di Kabupaten Pekalongan ada warga masuk DO vaksin. Namun jumlahnya tidak banyak. Hanya sedikit.

“Di Kabupaten Pekalongan tidak banyak warga yang kena DO vaksin. Karena masyarakat sudah berdisiplin sesuai jadwal yang ada. Tetapi ada juga yang memang karena kesempatannya kemudian lupa tidak mengikuti dosis kedua. Ada juga yang begitu. Untuk datanya ndak bisa lihat kita. Tapi ada yang seperti itu. Sebagian kecil lah dari masyarakat kita,” katanya.

Disinggung capaian vaksinasi, Wawan mengatakan secara umum capaiannya sudah bagus. Namun untuk sasaran lansia masih ada kesulitan untuk mengejar target yang ada.