Clear, 387 Jamaah Haji Negatif Covid

by -
KEMBALI - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Batang, M. Aqsho saat menerima jamaah haji kloter 34

BATANG – Seluruh jamaah haji asal Kabupaten Batang sudah tiba di kampung halaman, setelah 41 hari lamanya menjalani ibadah di Tanah Suci Makkah. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang pun memastikan 387 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 33 dan 34 dalam keadaan selamat dan dipastikan negatif dari Covid19.

“Hari ini Senin, 242 jamaah haji dari kloter 34 tiba di Debarkasi Donohudan, Solo. Mereka semua dinyatakan negatif Covid19 setelah menjalani swab antigen dari Dinkes Batang di Gedung Jeddah,” ujar Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah (PSU), Luthfi Hakim, Senin (8/8/2022).

Sebelumnya, Minggu (7/8/2022), 145 jamaah haji dari kloter 33 telah tiba terlebih dahulu di Debarkasi Donohudan, Solo. Dinkes Batang menyatakan seluruh jamaah kloter 33 dinyatakan negatif Covid19.

Ia pun berpesan, agar jamaah haji harus menjaga kemabrurannya sampai akhir hayat, karena kewajiban haji hanya sekali seumur hidup. “Nantinya agar aktif dalam kegiatan keagamaan di lingkungan sekitarnya. Diharapkan juga agar bergabung dalam Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), untuk membangun komunikasi dan silaturahmi yang baik,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr. Didiet Wisnuhardanto menerangkan, meskipun seluruh jamaah haji negatif Covid-19, namun petugas kesehatan tetap bersiaga.
“Kami menyiagakan 5 ambulans, alhamdulillah tidak dipakai karena semua negatif Covid-19,” ungkapnya.

Ia menambahkan, petugas kesehatan tetap bersiaga dan melakukan antisipasi dengan menyediakan tempat isolasi terpusat di GOR Sarengat yang memiliki fasilitas 24 kamar. (fel)