Virus Gemini Musuh Petani Cabai

by -
DIHANTUI GEMINI - Petani cabai di Petungkriyono selalu dihantui serangan virus gemini.

**Tak Bisa Diobati

PETUNGKRIYONO – Virus gemini atau penyakit kuning yang menyerang tanaman cabai tidak bisa diobati. Tanaman yang terlanjur terserang virus gemini harus dicabut.

Demikian disampaikan Koordinator Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pekalongan, Muh Isrin, kemarin. Virus gemini memang belum ada obatnya, namun penyakit ini bisa dicegah dengan mengendalikan vektornya.

“Kebanyakan penyakitnya virus gemini atau petani biasa nyebutnya penyakit kuning. Itu disebabkan oleh apis sebagai vektornya. Kalau sudah kena virus tidak bisa disembuhkan,” terang dia.

Petani, kata dia, hanya bisa mengendalikan vektornya atau apisnya. Yakni gunakan insektisida. “Dampak virus gemini tidak bisa disembuhkan. Bisa gagal panen. Pengendalian kalau sudah kena dicabut terus vektornya kita kendalikan dengan insektisida,” ujarnya.

Penyakit lain yang kerap menyerang tanaman cabai ialah busuk buah. Ini disebabkan oleh bakteri. “Kalau busuk buah dikendalikan dengan bakterisida,” terang dia.

Hama dan penyakit tanaman itu salah satu pemicunya adalah faktor cuaca. Meskipun musim kemarau, lanjut dia, dalam beberapa tahun ini kemaraunya basah.