PKK Ajak Anak Muda Lestarikan Tari Tradisional Batang

by -
LOMBA TARI - PKK Kabupaten Batang saat menggelar lomba tari tradisional batang, Jumat (5/8/2022).

BATANG – PKK Kabupaten Batang turut ambil bagian dalam melestarikan tari tradisional Batang. Salah satunya dengan mengajak generasi muda untuk mengenal dan mencintai tari tradisional Batang, seperti Tari Babalu, Tari Batik Gringsingan, dan juga Tari Sintren.

Hal ini diwujudkan melalui lomba tari dan festival band di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (5/8/2022). Selain itu, lomba ini juga untuk memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang diikuti seluruh perwakilan kecamatan di Kabupaten Batang.

“Kami dari PKK juga punya peran penting bagaimana kesenian budaya asli daerah kita ini tidak tergerus perkembangan zaman, salah satunya ya ini digelar dengan perlombaan untuk generasi muda agar tetap cinta seni budaya Batang,” tutur Pj Ketua TP PKK Batang, Purwaniti Sugeng Sugiharto.

Lebih lanjut, dalam perlombaan ini telah ditentukan tiga tarian khas Batang yaitu Babalu, Batik Gringsing, dan Sintren. “Karena kebetulan ketiga tarian itu yang paling sering ditampilkan, dan setiap kecamatan pun sudah familiar dengan tiga tarian itu,” ujarnya.

Dikatakan Purwaniti, pemenang dalam lomba tari ini nantinya dipersiapkan untuk mengikuti lomba tari di tingkat yang lebih tinggi.