Pelaksanaan PTM Dievaluasi Tiap Bulan

by -
Wahyu Yusuf Akhmadi, Kepala Disdikbud Kendal

*Yang Belum Vaksinasi Diminta Belajar Daring

KENDAL – Guna meminimalisir penyebaran covid-19, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal mengambil langkah cepat melakukan evaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) intensif di lingkungan satuan pendidikan pada setiap bulanya.

“Saya minta satuan pendidikan melaporkan kondisi kesehatan tenaga pendidik dan pelajar setiap hari dan mingguan untuk dievaluasi di akhir bulan,” kata Kepala Disdikbud Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi, kemarin.

Wahyu mengungkapkan, pengetatan ini dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Pihaknya mengeluarkan Surat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal Nomor 420/114/Disdikbud tentang Pemberlakuan Kurikulum di Satuan Pendidikan Kabupaten Kendal. “Belum lost sepenuhnya, meskipun pelaksanaan sudah 100%. Evaluasi PTM per 1 bulan, saat ini kondisi masih aman,” ungkapnya.

Wahyu menyatakan, surat pemberitahuan yang dikeluarkan Disdikbud berisi tentang beberapa imbauan kepada satuan pendidikan. Di antaranya, menjajaki PTM selama Agustus untuk dievaluasi pada awal September nanti, sekolah aktif mitigasi tenaga pendidik dan pelajar, mengoptimalkan fungsi unit kesehatan sekolah (UKS), dan beberapa arahan lainnya.

“PTM tetap berlangsung 100 persen, pembelajaran olahraga dan ekstrakurikuler tetap bisa dilakukan, sementara kantin boleh dibuka dengan pembatasan pengunjung maksimal 70 persen,” terangnya.