Batang Masih Aman dari Cacar Monyet

by -
Didiet Wisnuhardanto, Kepala Dinkes Batang

*Dinkes Terus Pantau Intensif

BATANG – Kabupaten Batang dinilai masih aman dari penyebaran monkeypox atau cacar monyet. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat memastikan hingga saat ini belum menemukan adanya warga yang terpapar cacar monyet.

“Masih aman, karena sampai saat ini kasus maupun suspek cacar monyet belum ditemukan di Batang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnuhardanto, Senin (8/8/2022).

Meski demikian, pihak Dinkes Kabupaten Batang terus melakukan pemantauan intensif terhadap perkembangan potensi penyebaran penyakit cacar monyet tersebut. “Mudah mudahan penyakit cacar monyet ini tidak masuk ke Batang,” katanya.

Ia pun meminta warga segera melaporkan kepada petugas kesehatan setempat jika mengalami gejala klinis seperti gatal-gatal pada kulit. “Tetap waspada. Kalau ditemukan kasus seperti itu (cacar monyet) segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat,” ujar Didiet.

Selain itu, dia meminta agar warga menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga protokol kesehatan. Hal itu dilakukan untuk menanggulangi sebaran virus cacar monyet yang dapat menular melalui udara dan rawan menjangkit orang dewasa, anak-anak, dan ibu hamil.

Seperti diketahui, penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox ini telah menyebar di sejumlah negara di dunia. Seperti di Amerika Serikat (AS) yang kini telah mendeklarasikan bahwa cacar monyet atau monkeypox sebagai darurat kesehatan masyarakat. Karena ditemukan 6.600 kasus cacar monyet di negara itu.