Tenang, 145 Jamaah Kloter 33 Bebas Covid19

by -
TIBA DI SOLO - Jamaah haji kloter 33 Batang saat tiba di Donohudan, Solo, belum lama ini.

*Sore Ini Kloter 34 Tiba di Donohudan

BATANG – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Batang memastikan 145 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 33 tiba di Indonesia dalam kondisi sehat.

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Batang, Luthfi Hakim mengatakan, ratusan jamaah haji itu telah dinyatakan sehat saat tiba di Debarkasi Donohudan, Solo, Minggu (7/8/2022).

Hasil skrining dari Dinas Kesehatan, kata Luthfi, tak mendapati satupun jemaah haji Kabupaten Batang yang terpapar Covid-19. Sehingga tak perlu lagi dikhawatirkan, jemaah yang tiba di Batang bebas dari Covid-19.

“Alhamdulillah, sehat semuanya. Jemaah haji kita tidak ada satupun yang dinyatakan positif Covid-19 saat melalui skrining di Solo,” ujar Luthfi saat ikut menjemput jemaah haji di Debarkasi Donohudan, Solo.

Luthfi pun mengatakan, bahwa skrining juga akan dilakukan pada 242 jamaah haji Kloter 34, yang baru akan tiba di Debarkasi Donohudan, Solo, Senin (8/8/2022) sore hari ini.

Menurut Luthfi, kepulangan semua jamaah haji harus melalui pemeriksaan secara intensif dari petugas Dinkes untuk memastikan terbebas dari penyebaran Covid-19.

Ia pun mengatakan untuk penjemputan pulang ke Batang sudah disiapkan petugas pendamping bus dan petugas kesehatan. “Setelah jamaah haji turun dari pesawat, masuk ke Asrama Haji Debarkasi Donohudan, lalu diturunkan di Gedung Jeddah untuk di skrining. Setelah dinyatakan negatif, mereka akan mengikuti upacara serah terima dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi ke petugas daerah, langsung diantar kembali ke Kabupaten Batang mengendarai bus yang sudah disiapkan,” jelasnya.