Pelajar Batang Diajak Berperan Aktif dalam Kepalangmerahan

by -
KONFERENSI - PMI Kabupaten Batang saat menggelar kegiatan Forpis beberapa waktu lalu.

BATANG – Usai vakum beberapa tahun lantaran pandemi, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang kembali menyelenggarakan Konferensi Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis). Kegiatan yang digelar 5-6 Agustus di Aula Markas PMI Batang ini diharapkan dapat mengembangkan peran aktif Palang Merah Remaja (PMR) di lingkungan sekolah.

“Kegiatan Konferensi Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) ini bertujuan untuk memilih koordinator dalam menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi remaja untuk mengembangkan peran aktiv Palang Merah Remaja (PMR) di lingkungan sekolah, ” Ketua PMI Kabupaten Batang, Achmad Taufiq saat diwawancarai, Minggu (7/8/2022).

Taufiq menambahkan, Forpis diharapkan dapat menjadi agen perubahan perilaku remaja, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun lingkungan sekitar. Forpis juga bisa memberikan aksi nyata membantu masyarakat, dalam aksi sosial kemanusiaan.

Wakil Ketua III Pengurus PMI Bidang SDM, Sri Mulyatno mengharapkan kegiatan ini menghasilkan koordinator generasi muda yang bisa memberikan contoh. Khususnya untuk aksi sosial kemanusiaan di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini diisi meteri Kepalangmerahan, pertolongan pertama, pendidikan remaja sebaya dan siaga bencana berbasis sekolah. “Forpis selain bergerak di bidang sosial kemanusiaan, ini juga sebagai wadah mempererat persahabatan antar sekolah, dengan saling berkomunikasi, bersilaturahmi dan latihan bersama,” imbuh Sri Mulyatno.

Ditambahkan, pembinaan generasi muda menjadi salah satu program kerja PMI Kabupaten Batang secara berkala dan berkelanjutan. PMI terus merencanakan pengembangan PMR, dan juga menampung motivasi, idealisme, pengalaman, serta ketrampilan remaja guna mendukung kemajuan PMI. (nov)