Sesibuk Apapun, Tolong Siapkan Makanan untuk Anak

by
SOSIALIASI - Dinkes Batang saat memberikan sosialisasi terkait Pemberian Makanan Anak dan Bayi, Kamis (4/8/2022) di Balai Desa Denasri Kulon.

BATANG – Dinkes Batang turut memberikan sosialisasi terkait Pemberian Makanan Anak dan Bayi, Kamis (4/8/2022) di Balai Desa Denasri Kulon. Kepala Dinkes Batang, melalui Kasi Kesga Dinkes Batang, Khotiq Mulyaningrum berharap para ibu dapat meluangkan waktu untuk membuatkan makanan sehat.

“Kami berharap sesibuk apapun ibu bisa menyiapkan makanan untuk anaknya. Sehingga potensi anak untuk memakan makanan tidak sehat seperti ciki dan snack yang kurang sehat terminimalisir,” ujarnya.

Dikatakan Khotiq, makanan sehat juga bukan berarti makanan tanpa lemak. Hal ini lantaran untuk usia balita dan anak kandungan lemak masih dibutuhkan. Hanya saja pemberiannya jangan berlebihan.

“Banyak ibu-ibu yang memberikan anak sayur sebatas sayur bening. Padahal anak juga butuh kandungan lemak. Seperti yang terkandung dalam santan. Jadi sesekali boleh kok, kalau anak dikasih makan santan, atau sayur lodeh, rendang. Asalkan disesuaikan dengan umur,” imbuhnya.

Selain itu, ia berharap ibu dapat memberikan variasi dan kreai menu makan sehat. Sehingga anak-anak juga tidak merasa bosan dalam mengkonsumsi makanan sehat.

Dinkes dan DP3AP2KB Batang pun kini berkolaborasi dalam menginisiasi Dapur Sehat (Dashat). Di mana nantinya ibu hamil akan diberikan edukasi terkait kreasi dan variasi menu makanan sehat.

“Biasanya anak kurang senang makan ikan. Oleh karenanya perlu divariasikan dalam pengolahannya. Sehingga anak-anak bisa tertarik untuk menyantap makanannya,” pungkasnya. (nov)