1.600 Guru WB Siap Masuk PPPK

by
PERTAMUAN - Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud Batang, M. Arif Rohman saat menggelar pertemuan di Aula SMP N 3 Batang.

*Pemkab Bakal Realisasikan Sampai 2023

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang mencatat, hingga tahun 2023 ada 1.600 guru Wiyata Bakti (WB) di daerahnya bersiap untuk masuk dalam formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud Batang, M. Arif Rohman menyampaikan, pengangkatan guru WB menjadi PPPK sudah sesuai Permenpan-RB Nomor 20 Tahun 2022, dengan memenuhi beberapa persyaratan, yakni sudah masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan memiliki masa kerja minimal tiga tahun.

“Tahun ini formasi PPPK ada 815 untuk guru SD dan SMP. Dan diupayakan tahun 2023 akan ada 800 formasi lagi, supaya bisa menyelesaikan bagi mereka yang belum terangkat tahun ini,” ujar Arif, kemarin.

Arif menyebut, jumlah WB yang telah mengikuti tes seleksi PPPK dan memenuhi passing grade atau batas nilai minimal sebanyak 998 orang, dengan rincian di sekolah negeri 956 dan 42 di sekolah swasta. “Artinya jika tahun ini ada formasi 815, masih ada 141 yang sudah lolos passing grade dan akan diangkat tahun depan,” jelasnya.

Ia mengingatkan, bagi WB yang telah mengikuti tes seleksi namun belum memenuhi passing grade atau yang belum mengikuti tes dan masa kerjanya minimal tiga tahun, ke depan akan dilakukan seleksi PPPK tanpa sistem Computer Assisted Test (CAT). “Hanya melalui seleksi observasi, yang lebih memperhatikan kompetensi pedagogi dan profesionalisme dalam mengajar,” tegasnya.