Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun : Brand Wisata Harus Diciptakan Untuk Menarik Wisatawan dari Luar

by

PEKALONGAN – Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun menghadiri Bimbingan Teknis Membangun Brand Destinasi Wisata MICE melalui Strategi Integrated Digital Marketing and Communication yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan Anggota Komisi X DPR RI FPKB di Hotel Horison, Rabu (3/8/2022).

Hindun menilai bahwa bimtek ini sangat bagus sekali untuk membangun wisata di Kabupaten Pekalongan karena banyak tempat wisata yang harus dikembangkan agar wisata di Kabupaten Pekalongan terkenal dan menarik wisatawan dari luar.

“Brand Wisata itu harus diciptakan karena itu bentuk dari pengenalan agar diminati oleh wisatawan dari luar,” ucapnya.

Kalau itu bisa dilakukan tentunya akan menjadi salah satu icon yang bagus untuk Kabupaten Pekalongan karena akan sangat berkembang. “Tadi disampaikan oleh perwakilan dari Kemenparekraf bahwa tempat pertemuan yang menarik bisa memberikan dampak insentif bagi sekitarnya,” ujarnya.

Tentu itu harus didukung, kolaborasi dibidang wisata harus didorong sehingga menggairahkan wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan. “harus dikolaborasikan dari berbagai pihak seperti bekerjasama dengan pihak swasta atau investor sehingga tercipta wisata yang dikelola dengan baik serta bisa menumbuhkan ekonomi bagi pelaku wisata tersebut dan ekonomi masyarakat sekitar,” terangnya.

Adaptasi, kolaborasi dan inovasi itu penting. Pemerintah dan pihak swasta harus bersinergi, tidah harus bergantung dar APBD maupun APBN karena itu diyakini sangat terbatas. “Inovasi itu penting untuk menumbuhkan beberapa kolaborasi sehingga meskipun terbatas tetapi bisa tersentuh. Inovasi dari pelaku usaha maupun pelaku wisata serta dari Pemerintah juga sangat penting. OPD terkait harus memberikan inovasi yang mendukung wisata di Kabuopaten Pekalongan. Ini menyangkut tentang sumber daya yang ada termasuk sumber daya manusianya untuk memajukan wisata di Kabupaten Pekalongan,” tandasnya.