Maksimalkan Jati Diri Madrasah

by -
SALAMAN - Siswa bersalaman kepada ustadz sebelum memasuki area sekolah sebagai bentuk prilaku sopan santun.

WIRADESA – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Warulor berupaya memaksimalkan jati diri madrasah kepada seluruh siswanya. Melalui kegiatan-kegiatan rutin di madrasah para siswa dibiasakan untuk melaksanakan perilaku santun dan terpuji, salah satunya dengan bersalaman sebelum memasuki gedung madrasah.

Pemandangan sejuk tersebut akan senantiasa terlihat setiap pagi sebelum siswa memulai kegiatan belajar mengajar. Kepala MI Salafiyah Warulor, M. Rizqon menuturkan, kegiatan tersebut menjadi salah satu indikator dari visi madrasah. “Kegiatan ini salah satunya untuk mengajak siswa bersikap santun dalam berperilaku,” ujar dia.

Ada pula hal sederhana yang kian menambah sejuk pemandangan di MI Salafiyah Warulor, yakni saat para siswa berhenti dan menuntun sepeda mereka saat akan bersalaman. Di depan gerbang, para guru sudah bersiap menyambut siswa sebelum masuk ke gedung madrasah.

“Kami ingin melatih karakter anak untuk bisa tawadhu, baik tawadhu dengan guru dan juga orang tua,” imbuh Rizqon.

Pihaknya berharap perilaku sederhana tersebut dapat senantiasa tertanam dan menjadi karakter siswa yang akan dibawa hingga dewasa. (mal)