Pembudidaya Ikan Dapat Bantuan Bibit Udang

by
TEBAR BENIH - Wali Kota HA Afzan Arslan Djunaid bersama Kepala DKP Sugiyo menebarkan benih udang vaname bantuan untuk Pokdadan Sido Mulyo dan Sipring di tambak udang di Krapyak, Pekalongan Utara, Rabu (3/8/2022).

Kota Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat menggelar kegiatan Temu Lapang dan Penyerahan Bantuan Sarana dan Prasarana Budidaya Udang Vaname Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sido Mulyo dan Sipring di Krapyak, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Rabu (3/8/2022).

Bantuan yang diberikan berupa dana Rp85,5 juta untuk tiap pokdadan, serta bantuan dalam bentuk benih 500 ekor udang vaname, pakan, obat-obatan, sarpras produksi dan budidaya ikan.

Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid yang hadir dalam kegiatan tersebut menyerahkan bantuan itu ke masing-masing Pokdadan. “Ini dari DKP Kota Pekalongan memberikan bantuan modal berupa bibit dan sarpras lainnya untuk pokdadan. Pasalnya kendala di sini kualitas tanah dan air tidak seperti lainnya,” tutur Aaf, sapaan akrab Afzan.

Aaf mengakui bahwa usaha tambak membutuhkan modal besar, di samping risikonya juga besar. Masih banyak petani yang tak berani mengambil risiko itu. “Pemkot melalui DKP akan mendampingi sampai dengan petani tambak berhasil,” kata Aaf.

Aaf berharap bantuan tersebut dapat meringankan petani tambak. “Ayo nanti dirawat bersama-sama sampai budidaya di sini sukses dan berkembang, idealnya 100 hari bisa panen tetapi 70 hari pun sudah siap dipanen,” imbuh Aaf.