Pemkot Gelar Pelatihan Manajemen Bisnis Kuliner

by -
PELATIHAN - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) menyelenggarakan pelatihan manajemen dan pengelola keuangan bisnis kuliner.

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Dinparbudpora) menyelenggarakan pelatihan manajemen dan pengelola keuangan bisnis kuliner yang dilaksanakan di Museum batik, Rabu (3/8/2022).

Kepala Dinparbudpora kota Pekalongan, Sutarno melalui Kepala Bidang Pariwisata, Retno Purnomo mengungkapkan, kuliner menjadi salah satu subsektor unggulan yang cukup memberikan kontribusi besar dalam PDB sekitar 30 persen, “Kuliner ini menjadi salah satu sektor unggulan, sehingga kami berfikir jika subsektor ini yang didorong terlebih dahulu. Sektor ekonomi lain akan mengikuti seperti kriya, musik, videography, photography dan lainnya,” terangnya.

Oleh sebab itu, perlu adanya pengetahuan manajemen keuangan yang harus dipahami oleh para pelaku usaha. Jika suatu bisnis tidak dikelola dengan baik terutama dari sisi manajemen keuangan, dikhawatirkan eksistensinya tidak bertahan lama.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan tiga narasumber yakni Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Pekalongan, Financial Consulting, dan Chef Alifatqul Maulana yang diikuti oleh pelaku usaha kuliner Kota Pekalongan. Purnomo berharap dengan adanya kegiatan ini pebisnis kuliner baik pemula maupun yang sudah expert bisa saling sharing.

“Dengan ada pelatihan ini semoga dapat meningkatkan kompetensi pada pelaku bisnis kuliner agar tetap eksis, diharapkan mereka juga bisa sharing knowledge baik yang sudah ekspert dengan yang masih pemula. Karena jika suatu bisnis tidak dikelola dengan baik akan jadi boomerang kedepannya,” imbuhnya.