Disperpuska Bakal Inisiasi Gerakan Hibah Program Satu Orang Satu Buku

by
Kepala Disperpuska Batang - Rakhmat N Fadilah.

BATANG – Usai vakum lantaran pandemi, Disperpuska Batang bakal menggelar kegiatan Pekan Raya Batang (PRB) Tahun 2022, akhir agustus ini. Kegiatan ini nantinya akan dimeriahkan bazar buku dari penerbit dari beberapa kota. Tak hanya itu, Disperpuska Batang juga akan melaunching Gerakan Hibah Satu Orang Satu Buku.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Disperpuska Batang, Rakhmat N Fadilah saat diwawancarai, Rabu (3/8/2022). Dikatakannya, gerakan hibah buku ini sebelumnya sudah diinisiasi di PRB tahun 2019. Pada saat itu program ini hanya diperuntukkan untuk kalangan ASN.

“Tahun ini gerakan hibah buku ini akan kami sasar untuk seluruh masyarakat Batang. Tahun 2019 lalu hanya untuk kalangan ASN saja, dan tercapai sekitar 86 persen dari jumlah ASN di Batang. Buku pun sudah kami serahkan ke perpustakaan yang membutuhkan. Seperti perpusdes, perpustakan sekolah dan perpustakaan komunitas,” ujar Rakhmat.

Dikatakannya, dengan perluasan sasaran gerakan hibah ini, ia berharap dapat membantu para pegiat literasi. Pihaknya pun kini tengah melakukan pendataan untuk menentukan sasaran penerima hibah buku nanti.

Tak hanya gerakan hibah buku, kegiatan PRB ini juga akan dimeriahkan aneka kegiatan. Seperti Lomba anak-anak mulai dari menari, memggambar, karaoke, bercerita, serta workshop kepenulisan. Selain itu ada juga lomba rebana, lomba Pildacil, dan talkshow tentang peluang menyambut Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

“Kami berharap momen ini bisa jadi wadah untuk Menyiapkan sumber daya manusia. Sehingga nantinya masyarakat tidak hanya menjadi penonton, tapi bisa menjadi pelaku. Kami berharap masyarakat bisa terliterasi dan bisa beradptasi menunju kota industri. Dan bisa mencari peluang untuk bertahan dan mewujudkan mimpi mencari kesejahteraan,” pungkasnya. (nov)