Dua Puskesmas Bakal Di-Marger

by
TINJAU LOKASI - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq meninjau langsung RSDC yang terletak di Jalur Pantura.

**Untuk Maksimalkan Pelayanan Kesehatan

KAJEN – Pemkab Pekalongan bakal menggabung dua Puskesmas di Kecamatan Wonokerto. Bupati Pekalongan Fadia Arafiq bahkan pada Senin (01/08/2022) meninjau langsung Puskesmas Wonokerto II yang akan dimarger supaya fungsi dari pelayanan kesehatan lebih efektif.

Sekadar untuk diketahui, Puskesmas Wonokerto II sebelumnya menjadi Rumah Sakit Covid-19 (RSDC). Lokasi puskesmas ini tidak begitu jauh dari jalur pantura dan bisa melayani tiga desa.

Pada kesempatan itu Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan, selama ini Puskesmas Wonokerto 1 melayani kesehatan masyarakat yang berada di wilayah utara, namun sering terkena rob dan banjir saat musim hujan. Sedangkan di Wonokerto II lokasinya bebas banjir namun pasien yang datang tidak begitu banyak. Makanya wacana penggabungan ini akan dikaji ulang oleh Dinas Kesehatan. Apabila memang layak digabung maka segera direalisasikan.

Mengenai fasilitas di Puskesmas Wonokerto II, menurut Bupati, cukup luas dan bisa dijadikan Rumah Sakit tipe D. Di tempat itu memiliki fasilitas 12 kamar untuk rawat inap di lantai bawah dan atas. Kemudian juga memiliki cadangan tempat tidur sehingga ketika pasien membludak masih bisa melakukan pelayanan kesehatan.

”Kalau memang ruang kamarnya kurang, kita bisa membangun lagi karena di samping gedung Puskesmas masih ada lahan kosong,” katanya.