Jangan Sampai Petani Tergusur dengan Adanya KITB

by
ULANH TAHUN - Petani yang tergabung dalam Omah Tani saat merayakan HUT Omah Tani ke-23 beberapa waktu lalu.

BATANG – Kabupaten Batang bakal menjadi kota industri baru dengan hadirnya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB). Oleh karenanya, perlu adanya penguatan pada sektor lainnya, khususnya bagi petani. Jangan sampai para petani justru tergerus oleh adanya industrialisasi.

Hal ini seperti disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan (Stafsus Menaker) Caswiyono Rusydie saat ymenghadiri Ulang Tahun Omah Tani ke-23, bersama ratusan kaum tani dan buruh, di Lapangan Desa Simbangdesa, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Minggu (31/7/2022) malam.

“Saat lahirnya industrialisasi, petani tidak boleh tergusur. Karena kalau sampai pertanian tidak dibangun, tentu idustri tidak akan mendapat sokongan yang memadai dari sektor pangan,” ungkapnya.

Caswiyono menegaskan, kapan pun dan di mana pun, petani tetap menjadi yang terpenting, karena menjadi penyuplai utama di bidang pangan. “Untuk memproteksi mereka agar tetap eksis di tengah kemajuan kota industri, maka perencanaan pembangunan harus seimbang,” imbaunya.

Ditambahkannya, industrialisasi boleh terus berlanjut, tapi sektor pertanian tetap harus bertumbuh. Dengan melakukan pengaturan lahan sedimikian rupa, sehingga lahan-lahan pertanian tidak seluruhnya dialihfungsikan menjadi kawasan industri.