Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Dicanangkan

by
SERAHKAN - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyerahkan bendera dalam gerakan pembagian 10 Juta Bendera.

KEDUNGWUNI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di seluruh Nusantatara. Adapun kegiatan dilaksanakan di UMKM Center Jampirogo Kedungwuni, Minggu (31/7/2022).

Acara pencanangan yang melibatkan ribuan orang ini diharapkan bisa membagikan bendera merah putih dapat maksimal. Sehingga program nasional dari Kemendagri ini dapat tercapai dengan baik di wilayah Kota Santri. Selain itu, gerakan ini juga dicanangkan dalam momentum menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Pekalongan, Haryanto Nugroho menyampaikan, di Kabupaten Pekalongan ini Bupati Pekalongan bersama Forkopimda telah menyerahkan secara simbolis bendera kepada beberapa pihak untuk mendukung program Kemendagri.

“Tadi selama jalan sehat kami sambil membagikan bendera merah putih ke masyarakat Kedungwuni dan sekitarnya. Kita ingin selama bulan agustus sebagai bulan kemerdekaan, di seluruh langit-langit nusantara dan diseluruh jengkal wilayah RI berkibar bendera merah putih,” jelas Haryanto.

Selain itu, tambah Haryanto, gerakan pembagian 10 juta bendera ini juga sebagai bentuk penanaman nilai nasionalisme kebangsaan dalam rangka ke 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih ini merupakan upaya saling menyadarkan atau mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran tinggi bahwa pengibaran bendera ini perlu dilakukan sebagai simbol pengingat sejarah. Khususnya saat HUT RI itu sudah menjadi keharusan dan bahkan kebutuhan sebagai salah satu wujud rasa cinta tanah air.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk wajib mengibarkan Bendera Merah Putih dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2022. Dengan mengibarkan bendera di depan rumah sebagai bagian mengingat sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Selain itu juga mengibarkan bendera merah putih menjadi wujud cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. (yon)