Jamaah Haji dan Umrah Meningkat, Kantor Imigrasi Pemalang Kembali Layani Paspor Keliling

oleh -
Kantor imigrasi kelas 1 non TPI Pemalang kembali melaksanakan pelayanan paspor keliling di wilayah eks-Karesidenan Pekalongan. Pelayanan itu sempat berhenti selama masa pandemi Covid-19. istimewa

BATANG – Setelah sempat terhambat akibat Pandemi Covid-19, Kantor imigrasi kelas 1 non TPI Pemalang kembali melaksanakan pelayanan paspor keliling.

Pelayanan tersebut dilakukan guna merespon adanya lonjakan kuota pemohon paspor yang saat ini terus meningkat, pasca pelonggoran persyaratan perjalanan ke luar negeri.

“Pemohon paspor hingga saat ini mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Kondisi itu merupakan euforia yang sangat wajar. Sebab, kerajaan saudi arabia baru saja membuka layanan ibadah haji dan umrah,” ujar Kanim Kantor imigrasi kelas 1 non TPI Pemalang, Arvin Gumilang, Minggu (31/7).

Arvin menjelaskan, selain memenuhi permintaan, pelayanan paspor keliling itu juga dalam rangka mendekatkan diri pada masyarakat eks-Karesidenan Pekalongan.

Terbaru, pihaknya melaksanakan pelayanan paspor keliling pada tanggal 28-29 Juli 2022. Pada kegiatan itu Kantor Imigrasi Pemalang mengampu seluruh wilayah eks-Karesidenan Pekalongan, mulai dari Kabupaten Batang hingga Kabupaten Brebes.

“Kegiatan pelayanan paspor keliling yang terakhir menyasar tiga wilayah yaitu kabupaten Brebes, kota Tegal, dan kabupaten Tegal. Kegiatan paspor keliling itu dinamakan pangling yang sebelumnya sempat vakum selama pandemi Covid-19,” tandas Alvin. (don)