Ditinjau Pukul 11.00, Sekolah Sudah Sepi

oleh -
TINJAU SMP NEGERI 12 – Komisi I DPRD Kota Tegal bersama Disdikbud Kota Tegal meninjau SMP Negeri 12 Kota Tegal, Senin (25/7).

*Disdikbud Diminta Evaluasi SMP Negeri 12

TINJAUAN lapangan Komisi I DPRD Kota Tegal ke SMP Negeri 12 Kota Tegal dikejutkan dengan situasi yang ada di sekolah tersebut. Saat meninjau Senin (25/7) sekitar pukul sebelas, satuan pendidikan yang beralamat di Jalan Halmahera, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, sepi. Tidak ada satupun guru maupun siswa di sana.

Komisi I meminta Disdikbud mengundang manajemen SMP Negeri 12 untuk dievaluasi. ”Kenapa kok di hari Senin, jam sebelas, DPRD meninjau situasi lapangannya, ternyata kosong,” kata Ketua Komisi I Edy Suripno, yang melakukan tinjauan bersama Sekretaris Komisi I Ely Farisati, Anggota Komisi I Sodik Gagang, Triyono, Amiruddin, dan Rachmat Rahardjo.

Sekretaris Komisi I Ely Farisati mengaku kecewa saat meninjau ke SMP Negeri 12 tidak menjumpai guru maupun siswa satupun. ”SMP Negeri 12 sungguh terlalu. Tidak ada satupun siswa dan guru yang ada di dalam sekolah. Seperti tidak ada tanggung jawab dari pengajar terhadap murid, dan lemahnya pengawasan dinas,” ungkap Ely.

Ely menegaskan, kepala sekolah harus mempertanggung jawabkan dan Disdikbud mengambil langkah. Terlebih, dalam Pemerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023 SMP Negeri 12 mengalami kekurangan murid. “SMP Negeri 12 apakah mau ditutup dan dibuat untuk sarpras pendidikan yang lain? Ini harus dibicarakan secara detail, baik di tingkat Pemkot dan DPRD,” ujar Ely.

Pasca tinjauan, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Sarwono Singgih Permadi menyampaikan langsung mengundang manajemen SMP Negeri 12. Berdasarkan keterangan manajemen sekolah, SMP Negeri 12 pembelajarannya belum penuh. “Sehingga, jam sebelas sudah pulang,” sebut Singgih. (nam/fat)