247 Guru Menjadi Prioritas Pengangkatan PPPK

by
BAHAS - Komisi 1 DPRD Kabupaten Pekalongan tengah membahas PPPK yang ada di Kota Santri.

KAJEN – Ada kabar baik untuk kalangan pendidik. Sebanyak 247 guru honorer menjadi prioritas pertama pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023. Mereka adalah yang lulus passing grade pada rekruitmen tahun sebelumnya.

Hal itu terungkap dalam Rapat Kerja Komisi 1 DPRD Kabupaten Pekalongan bersama Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pekalongan dan Kementrian Agama Kabupaten Pekalongan. Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pekalongan Dodiek Prasetyo dihadiri sejumlah perwakilan mitra kerja.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pekalongan Dodiek Prasetyo menyampaikan bahwa rapat kerja dilakukan mengenai surat edaran Menpan RB terkait dengan pengangkatan PPPK. Diterangkan, data dari BKPSDM ada sekitar 457 formasi yang diajukan itu tenaga Guru semua.

“Dari jumlah itu sudah ada sekitar 247 yang memenuhi kriteria karena mereka sudah lolos passing grade tetapi pada tahap 1 dan tahap 2 tidak ada formasi. Artinya nanti dari formasi 457 ini sudah terakomodir 247 yang memenuhi kriteria jadi tinggal sisanya hanya 210 formasi yang masih kosong,” terangnya.

Dijelaskan, alokasi sisa prioritas ini akan diperebutkan oleh adik-adik, teman-teman yang sudah mengabdi. Sedangkan syaratnya tetap masih sama dengan yang tahap 1 dan 2. Sedangkan ini informasi dari Dindik dan Kemenag sudah clear.

“Kemenag juga sudah selesai dan Kemenang ini kan vertikal jadi mereka menunggu ketentuan dari Kementerian Agama terkait dengan pengangkatan PPPK. Sedangkan untuk beban anggaran sendiri yang di gubernur untuk mengatasi kalau melihat aturan di PP 49 2018 anggaran PPPK ini ditanggung oleh pusat. Kita belum belum lihat berapa anggaran pusat yang turun ke kita lewat dau karena anggaran ini dimasukkan dalam dana alokasi umum nanti apakah ada lagi kriteria-kriteria lain,” terang Dodiek.

Senada disampaikan Kabid Pengadaan Pemberhentian Informasi pada BKPSDM Kabupaten Pekalongan, Rohmawan. Menurutnya, meski demikian terkait pengangkatan ada beberapa perubahan.

“Jadi siapa saja yang berhak diangkat itu adalah Prioritas 1 atau P1 yang lolos passing grade pada rekruitmen kemarin. Dari 457 guru ada 247 sudah memenuhi kriteria. Adapun mereka berasal dari 67 guru swasta dan negeri 173 guru, ” imbuhnya.